Sunday, June 6, 2021

Mengenal Jenis Hitungan Ongkos Kirim, Ongkir JNE juga Pakai

0

Ongkir JNE adalah biaya yang wajib ditanggung ketika Anda membeli barang di toko online. Orang yang membeli di toko online, tak hanya wajib mentransfer uang untuk membayar barang yang telah dibelinya. Mereka juga wajib mentransfer uang untuk jasa pengiriman yang nantinya akan mengantar barang sampai ke alamat tujuan. Tentu saja, biaya ongkir berbeda beda tergantung dari beberapa hal sehingga Anda tak boleh protes ketika Anda merasa biaya ongkirnya mahal padahal Anda hanya membeli barang dalam jumlah sedikit. Pihak ekspedisi memiliki beberapa ketentuan dalam menghitung ongkir sehingga Anda tak mungkin kena tipu.



Hal hal yang biasanya mempengaruhi ongkos kirim JNE adalah berat benda. Semakin berat barang yang Anda beli di toko online, maka biaya cash untuk pengiriman barang juga akan semakin besar. Misalnya, jika Anda membeli peralatan rumah tangga, tentunya beratnya yang lebih dari 1 kg, membuat Anda harus membayar biaya ongkir cukup besar. Selain berat benda, jarak pengiriman juga mempengaruhi. Biaya pengiriman ke Jabodetabek dsn luar jawa tentu saja berbeda. Apalagi dengan pengiriman yang beda negara. Biaya ongkir juga bisa dipengaruhi oleh jenis pengiriman yang Anda gunakan. Misalkan Anda memilih paket regular dibandingkan paket kilat. Meski paket regular sampainya lebih lama tetapi biaya ongkirnya cukup murah.


Ongkos Kirim Progresif


Setiap ekspedisi pengiriman memiliki cara sendiri untuk menghitung biaya ongkirnya. Salah satu cara menghitung ongkir yang juga diterapkan pada jasa pengiriman JNE adalah ongkir progresif. Pada perhitungan ongkir JNE progresif ini, jasa pengiriman telah memiliki patokan harga barang per kgnya. Misalkan, ketika pengiriman barang satu kg dihitung 5000 rupiah, maka saat berat barang mencapai 2 kg, 3 kg atau kelipatannya, jasa pengiriman tinggal mengalikan berat barang dengan patokan harga per kgnya. Contohnya: jika Anda membeli barang dengan berat 5 kg, biaya ongkir yang harus ditanggung adalah 25 ribu rupiah. Semakin berat barang, ongkir juga semakin mahal.


Ongkos Kirim Regresif


Ongkos kirim regresif sebenarnya tidak diterapkan dalam jasa pengiriman JNE. Yang menggunakan perhitungan ongkir dengan cara regresif adalah pengiriman yang menggunakan jasa cargo, contohnya indah cargo. Pada perhitungan ongkir regresif, cargo memiliki patokan minimal charge. Saat barang beratnya melebihi minimal charge, maka perhitungan biaya ongkir akan lebih murah. Agar Anda mudah memahaminya, misalnya minimal charge pada cargo yaitu 25 ribu per 5 kgnya. Ketika barang lebih dari 5 kg, harga ongkir per kgnya dihitung 2 ribu rupiah saja. Maka, ketika ada pengguna jasa mengirim barang 15 kg, ongkir yang harus dibayar bukan 75 ribu, melainkan hanya 45 ribu saja.


Ongkos Kirim Volumetrik


Selain menggunakan perhitungan ongkir progresif, JNE juga menerapkan perhitungan ongkir volumetrik. Perhitungan ongkir ini diterapkan ketika barang memiliki volume yang besar. Cara menghitung ongkir volumetrik adalah dengan mengukur panjang kali lebar kali tinggi suatu barang. Setelah perhitungan perkalian didapat nantinya akan dibagi 6000. Tak hanya JNE saja yang menerapkan ongkir volumetrik, jasa pengiriman lain pun juga akan melakukan perhitungan yang sama ketika barang dirasa akan memakan banyak tempat saat pengiriman barang. Ada sedikit perbedaan perhitungan JNE dengan cargo. Pada cargo, perhitungan volumetrik sama sama menghitung panjang kali lebar kali tinggi barang tetapi pembagiannya adalah 4000. Nantinya, hasil perhitungan akan dikalikan dengan biaya barang per kgnya.


Dalam menjalankan bisnis, pembisnis memang harus mengetahui banyak hal termasuk ongkir barang kepada konsumennya, sebagai contoh ongkir JNE. Dengan begitu, pembisnis bisa memuaskan konsumen dengan pelayanan yang diberikan. Selain itu, pembisnis yang ingin bisnisnya terus maju juga harus memiliki sistem keuangan yang jelas. Daripada ribet membuat sendiri sendiri buku keuangannya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bukuwarung.com. Aplikasi keuangan tersebut akan membantu Anda mengurus segala keuangan bisnis, mulai dari modal, tagihan dan juga hutang. Jika keuangan bisnis bagus, maka perkembangan bisnis juga akan mudah terlihat. Semoga bermanfaat!


Deskripsi: ongkir jne memiliki beberapa jenis perhitungan diantaranya: perhitungan ongkir progresif, regresif dan volumetrik.

Author Image
Aboutduoanggrek

Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

No comments:

Post a Comment